Senin, 12 September 2011

Boolean VS Proboolean

Kalau Anda adalah seorang penggemar sejati 3DS Max ;), Anda tentu pernah berkenalan dengan fitur yang satu ini...

yaitu Boolean. Fitur ini sangat akrab digunakan dikalangan User 3DS Max, terlebih mereka yang sering berkecimpung membuat Modeling objek Arsitektural, mesin/otomotif serta design product. Boolean sangat berguna untuk menyatukan ( Union), membuat perpotongan (Intersection) atau memotong (Substraction) 2 buah objek 3 Dimensi atau lebih.

Namun Boolean memiliki kelemahan utama, yaitu objek yang telah diberikan fitur ini akan mengalami kerusakan pada bidang Vertex dan Edge-nya sehingga dapat berpengaruh pada rusaknya objek tersebut. Hal ini sering menjadi masalah bagi para pemakai 3DS Max.

Nah untuk mengatasinya, 3DS Max 9 menyediakan fitur baru yang mirip dengan Boolean, yaitu ProBoolean. Fitur ini memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi bila menggunakan Boolean biasa.

Cara menggunakan kedua fitur ini adalah sebagai berikut:

1. Buat objek-objek seperti tampak pada gambar. Aktifkan Viewport Perspective dan tekan tombol F4 dikeyboard untuk melihat Edge Faces dari objek-objek di Viewport.


2. Anda pilih objek Box yang disebelah kiri, lalu Anda beri Compound Object Boolean.


3. Klik tombol Pick Operand B dan Anda klik salah satu objek Cylinder yang menembus Box tersebut.


4. Klik tombol Select by Name.

5. Kemudian Anda pilih kembali Boolean, lalu klik tombol Pick Operand B dan Anda klik Cylinder lainnya yang menembus Box tersebut. Demikian berulang-ulang sampai keempat Cylinder tersebut Anda klik semua. Sehingga hasilnya menjadi seperti gambar dibawah.


6. Sekarang Anda pilih objek Box disebelah kanan dan beri Compound Object ProBoolean
ilmugrafis.com

7. Klik tombol Start Picking dan Anda klik langsung keempat objek Cylinder yang menembus Box tersebut. (berbeda dengan Boolean, ProBoolean dapat dilakukan secara langsung tanpa harus mengulang secara satu persatu).
ilmugrafis.com

8. Hasilnya akan tampak seperti pada gambar. Anda akan melihat objek Box hasil operasi Boolean akan ”merusak” Segment dari objek Box dan metode peng-operasiannya pun harus dilakukan secara satu-persatu. Berbeda dengan objek Box hasil operasi ProBoolean, tidak tampak ”kerusakan” Segment dan peng-operasiannya pun dapat dilakukan secara langsung.
ilmugrafis.com

Selamat mencoba.
Tutorial ini diarsipkan di ilmugrafis pada kategori 3DS Max
Semoga bermanfaat. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar