Senin, 12 September 2011

Membuat Ketebalan Suatu Permukaan yang Mengikuti Arah Garis

Bagaimana bila Anda ingin memberikan ketebalan suatu permukaan objek berdasarkan suatu kelengkungan garis sebagai arah acuannya? Anda bisa memanfaatkan fitur Extrude Along Spline.

Berikut triknya:

1. Anda buat sebuah objek 3 Dimensi, misalkan sebuah Cylinder yang Anda Convert ke dalam Editable Poly. Kemudian Anda buat sebuah bentuk garis diatas objek Cylinder. Buka tab Modify dan pilih mode Polygon lalu Anda klik sisi permukaan (polygon) bagian atas dari objek Cylinder tersebut.



2. Anda klik tombol bergambar kotak disebelah tulisan Extrude Along Spline



3. Akan terbuka jendela Extrude Polygons Along Spline. Klik tombol Pick Spline dan Anda pilih garis yang Anda buat di Viewport. Selanjutnya atur nilai Segments = 100 (Segments adalah penambahan ruas-ruas agar objek terlihat lebih halus) dan Taper Amount = -0.9 (Taper Amount adalah perbesaran atau pengecilan sisi permukaan terpilih). Lalu klik tombol OK


5. Sekarang Anda lihat di Viewport, objek Cylinder telah berubah bentuk

Hasil Akhir:
ilmugrafis.com
Mengikuti Alur

Selamat mencoba.
Tutorial ini diarsipkan di ilmugrafis pada kategori 3DS Max
Semoga bermanfaat. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar